Istilah Akuntansi (O-Z)

Istilah Akuntansi huruf A sampai D -> Klik Disini
Istilah Akuntansi huruf E sampai N -> Klik Disini

O

Objectivity concept > Konsep objektivitas > Adalah konsep yang mengharuskan agar catatan dan laporan akuntansi didasarkan pada bukti objektif.

Owner’s equity > Modal pemilik > Hak para pemilik dalam suatu perusahaan.

Overapplied factory overhead > Overhead pabrik yang dibebankan terlalu besar > Jumlah biaya overhead pabrik yang dibebankan lebih besar dari biaya overhead pabrik sebenarnya untuk produksi selama satu periode.

Other income > Pendapatan lain-lain > Pendapatan yang berasal dari sumber yang bukan kegiatan utama perusahaan.

Other expense > Beban lain-lain > Suatu beban yang tidak dapat dikaitkan secara pasti dengan operasi perusahaan.

Opportunity cost > Biaya kesempatan > Jumlah laba yang akan diperoleh dari alternative terbaik yang tersedia untuk usulan penggunaan kas atau ekuivalennya.

Operating lease > Lease operasi > Lease yang tidak memenuhi kriteria sebagai lease modal, dan dengan demikian harus diperlakukan sebagai beban operasi, sehingga kewajiban lease di masa datang dan juga hak penggunaan aktiva yang dilease tidak diakui dalam perkiraan.

Over Applied Factory Overhead > the amount of factory overhead applied in excess of the actual factory overhead costs incurred for production during a period.

Outstanding Stock > the stock that is in the hands of stockholders.

Other Income > revenue from sources other than the primary operating activity of a business.

Other Expense > an expense that cannot be traced directly to operations.

Opportunity Cost > the amount of income forgone from an alternative use of cash or its equivalent.

Operating Leverage > a measure of the relative mix of a business’s variable costs and fixed costs, computed as contribution margin divided by operating income.

Operating Leases > leases that do not meet the criteria for capital leases and thus are accounted for as operating expenses.

Obligasi Syari’ah Ijarah > Obligasi syariah yang mengacu pada akad ijarah

Obligasi Syariah Mudharabah > Obligasi syariah yang mengacu pada akad mudharabah

Obligasi Syariah > Suatu surat berharga jangka panjang berdasarkan prinsip syariah yang dikeluarkan oleh Emiten kepada pemegang obligasi syariah yang mewajibkan emiten untuk membayar pendapatan kepada pemegang obligasi syariah berupa bagi hasil/marjin/fee serta membayar kembali dana obligasi pada saat jatuh tempo.

Obligasi > Surat utang (bond); Surat utang yang diterbitkan oleh badan usaha atau pemerintah sebagai tanda bukti pinjaman jangka panjang

P

Paid-in capital > Modal disetor > Modal yang diperoleh dari para pemegang saham.

Par > Pari (nominal) > Angka yang tercetak pada sertifikat saham.

Parent company > Perusahaan induk > Suatu perusahaan yang memiliki mayoritas saham yang mempunyai hak suara dari perusahaan lain.

Purchases returns and allowances > Retur dan pengurangan pembelian > Pengurangan dalam pembelian, yang timbul dari barang dagang yang dikembalikan kepada pemasok untuk harga pembelian semula; suatu perkiraan kontra untuk pembelian.

Purchases journal > Jurnal pembelian > Jurnal untuk mencatat semua pembelian kredit.

Purchases discount > Potongan pembelian > Suatu potongan yang diambil oleh pembeli karena pembayaran faktur secara lebih awal; suatu perkiraan kontra terhadap pembelian.

Purchase requisition > Permintaan pembelian > Suatu dokumen yang digunakan untuk memberi tahu departemen pembelian bahwa barang-barang tertentu diperlukan oleh perusahaan.

Purchase order > Pesanan pembelian > Dokumen yang dikeluarkan oleh departemen pembelian kepada pemasok, yang meminta pengiriman barang tertentu.

Purchase method > Metode pembelian > Metode akuntansi yang digunakan apabila perusahaan induk mengambil kendali atas saham berhak suara dari perusahaan anak lain tidak dengan menukarkan saham biasa berhak suara.

Public accounting > Akuntansi publik > Suatu profesi yang anggotanya memberikan jasa akuntansi atas dasar honorarium (fee).

Promissory note > Surat promes (wesel) > Suatu janji tertulis untuk membayar sejumlah uang tertentu pada saat diminta atau pada tanggal tertentu.

Profit-volume chart > Bagan laba-volume > Suatu bagan yang digunakan untuk membantu manajemen dalam memahami hubungan antara laba dan volume.

Profit margin > Marjin laba > Suatu komponen dari tingkat pengembalian investasi, yang dihitung sebagai rasio laba operasi terhadap penjualan.

Profit center > Pusat laba > Suatu unit terdesentralisasi di mana manajer mempunyai tanggung jawab dan wewenang untuk mengambil keputusan yang mempengaruhi biaya dan pendapatan (dan dengan demikian laba).

Profitability > Profitabilitas > Kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba.

Product life cycle > Siklus umur produk > Suatu konsep yang mengasumsikan bahwa suatu produk melewati berbagai tahap dari saat diperkenalkan sampai hilang dari pasaran.

Product cost > Biaya produk > Ketiga komponen biaya pabrikasi: biaya bahan langsung, pekerja langsung, dan overhead pabrik.

Q

Quick ratio > Rasio cepat > Rasio keuangan yang mengukur kemampuan memenuhi kewajiban jangka pendek dalam waktu dekat.

Quick assets > Aktiva cepat > Jumlah uang kas, piutang usaha, dan surat-surat berharga.

Qualified Opinion > Pendapat wajar tanpa syarat

Qiradh > Istilah lain untuk akad mudharabah; istilah ini banyat

Qard Birahnin > Pinjaman dengan jaminan

Qard Al-hasan > Pinjaman kebajikan; Suatu akad pinjam meminjam dengan ketentuan pihak yang menerima pinjaman tidak wajib mengembalikan dana apabila terjadi force major

Qard > Penyediaan dana atau tagihan antara Bank Syariah dengan pihak peminjam yang mewajibkan pihak peminjam melakukan pembayaran sekaligus atau secara cicilan dalam jangka waktu tertentu

Qaidah Al-fiddhah > Sistem moneter international berbasis perak (silver-based monetary system)

Qaidah Al-dzahab > Sistem moneter international berbasis emas ( gold-based monetary system)

Qabul > Menerima; penerimaan dari pihak kedua dalam sebuah Akad

R

Rate earned on common stockholders’ equity > Tingkat laba atas modal pemegang saham biasa > Suatu ukuran profitablilitas yang dihitung dengan membagi laba bersih,  setelah dikurangi dividen untuk saham preferen, dengan modal pemegang saham biasa.

Revenue recognition concept > Konsep pengakuan pendapatan > Prinsip pengakuan pendapatan pada saat pendapatan diterima.

Reversing entry > Ayat jurnal pembalik > Suatu ayat jurnal yang membalik ayat jurnal penyesuaian tertentu untuk memudahkan pencatatan transaksi rutin pada periode berikutnya.

Revenues > Pendapatan > Kenaikan kotor dalam modal pemilik sebagai hasil dari kegiatan usaha dan profesional yang ditujukan untuk mencari laba.

Revenue expenditure > Pengeluaran pendapatan > Suatu pengeluaran yang hanya memberikan manfaat dalam periode berjalan.

Retained earnings statement > Laporan laba yang ditahan > Suatu laporan perusahaan perseroan yang mengikhtisarkan perubahan laba yang ditahan selama jangka waktu tertentu.

Retained earnings > Laba yang ditahan > Laba bersih yang ditahan dalam perseroan.

Retail inventory method > Metode persediaan eceran > Suatu metode penetapan harga pokok persedian yang didasarkan pada hubungan harga pokok dan harga eceran barang dagang tersebut.

Responsibility accounting > Akuntansi pertanggungjawaban > Proses pengukuran dan pelaporan data operasi menurut bidang tanggung jawab.

Residual value > Nilai residu (sisa) > Estimasi harga perolehan yang dapat diperoleh kembali dari suatu aktiva yang dapat disusutkan pada saat dihentikan dari pemakaian.

Residual income > Laba residu > Kelebihan laba operasi divisi atas jumlah “minimum” laba operasi yang diinginkan.

Report form of balance sheet > Neraca bentuk laporan > Bentuk neraca dimana kelompok kewajiban dan modal pemilik disajikan dibawah kelompok aktiva.

Relevant range > Rentang relevan > Rentang aktivitas yang didalamnya perusahaan merencanakan untuk beroperasi.

Receiving report > Laporan penerimaan > Suatu dokumen (formulir) yang digunakan oleh departemen penerimaan yang menunjukan bahwa barang telah diterima dan diperiksa.

Realization > Realisasi > Penjualan aktiva dalam hal persekutuan dilikuidasi.

Real account > Perkiraan real/nyata > Perkiraan yang ada pada neraca.

Rate of return on investment (ROI) > Tingkat pengembalian atas investasi > Suatu ukuran efisiensi manajerial dalam penggunaan investasi dalam aktiva.

Rate earned on total assets > Tingkat laba atas total aktiva > Suatu ukuran profitabilitas aktiva tanpa memandang berapa hak kreditor dan berapa hak pemegang saham dalam aktiva tersebut.

Rate earned on stockholders’ equity > Tingkat laba atas modal pemegang saham > Suatu ukuran profitabilitas yang dihitung dengan membagi laba bersih dengan total modal pemegang saham.

S

Sales budget > Anggaran penjualan > Salah satu unsur penting dari laporan laba-rugi yang mengindikasikan jumlah penjualan yang diestimasi dan harga jual yang diharapkan.

Sunk cost > Biaya tertanam > Biaya yang tidak dipengaruhi oleh keputusan-keputusan berikutnya.

Sum of the years digits depreciation method > Metode penyusutan jumlah angka tahun > Metode penyusutan, dimana beban penyusutan periodic jumlahnya lebih semakin menurun sepanjang estimasi umur aktiva yang bersangkutan.

Subsidiary ledger > Buku tambahan > Suatu buku besar yang berisikan perkiraan individual dengan cirri tertentu.

Subsidiary company > Perusahaan anak > Perseroan yang dikendalikan oleh perusahaan induk.

Strategic planning > Perencanaan strategik > Pengembangan arah tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan perusahaan.

Straight-line depreciation method > Metode penyusutan garis lurus > Suatu metode penyusutan dimana beban penyusutan periodic jumlahnya sama sepanjang estimasi umur aktiva yang bersangkutan.

Stock split > Pemecahan saham > Penurunan nilai nominal atau nilai ditetapkan dari selembar saham biasa dan penerbitan jumlah lembar saham baru yang proporsional dengan pengurangan nilai nominal saham tersebut.

Stock outstanding > Saham beredar > Saham yang berada di tangan pemegang saham.

Stockholders’ equity > Modal/ekuitas pemegang saham > Hak para pemegang saham atas suatu perseroan.

Stockhoders > Pemegang saham > Pemilik suatu perusahaan.

Stock dividend > Dividen saham > Pembagian saham perusahaan itu sendiri kepada para pemegang sahamnya.

Statement of owner’s equity > Laporan modal pemilik > Ikhtisar perubahan modal pemilik suatu kesatuan usaha yang terjadi selama periode waktu tertentu.

Statement of cost of goods manufactured > Laporan harga pokok produksi > Suatu laporan terpisah bagi perusahaan manufaktur yang melaporkan harga pokok barang yang diproduksi selama periode tertentu.

Statement of cash flows > Laporan arus kas > Suatu ikhtisar penerimaan dan pengeluaran kas yang besar untuk suatu periode.

Stated value > Nilai ditetapkan > Suatu jumlah yang ditetapkan oleh dewan komisaris untuk setiap lembar saham tanpa nilai nominal.

Standard cost > Biaya standar > Estimasi terinci besarnya harga pokok produk.

Special journal > Jurnal khusus > Jurnal yang dirancang untuk pencatatan jenis transaksi tertentu.

Solvency > Kemampuan/solvensi > Kemampuan perusahaan membayar hutang pada saat jatuh tempo.

Sole proprietorship  > Perusahaan perorangan > Perusahaan yang hanya dimiliki oleh satu orang.

Slide > Tergelincir > Kekeliruan memindahkan angka suatu nomor, satu atau lebih ke kanan atau ke kiri. Contohnya, $542 ditulis $5.420.

Sinking fund > Dana pelunasan > Aktiva yang disisihkan dalam dana khusus yang akan digunakan untuk tujuan tertentu.

Single-step income statement > Perhitungan laba-rugi bentuk langsung > Perhitungan laba-rugi dimana total beban dikurangi  dari total pendapatan.

Service department > Departemen/bagian jasa > Departemen pabrik yang tidak memproses bahan secara langsung tetapi memberikan jasa untuk kepentingan departemen produksi.

Semivariable cost > Biaya semivariabel > Suatu biaya dengan karakteristik variablel dan tetap, yang kadang-kadang disebut biaya campuran atau biaya semi tetap.

Selling expense > Beban penjualan > Suatu beban yang timbul secara langsung dan semata-mata karena penjualan barang dagang.

Sales returns and allowances > Retur dan pengurangan penjualan > Pengurangan penjualan karena barang yang dikembalikan oleh pelanggan atau karena diberikan pengurangan harga jual semula oleh penjual; suatu perkiraan kontra terhadap penjualan.

Sales mix > Bauran penjualan > Distribusi penjualan secara relative diantara berbagai jenis produk yang tersedia untuk dijual.

Sales journal > Jurnal penjualan > Jurnal dimana dicatat semua penjualan kredit.

Sales discounts > Potongan penjualan > Potongan yang tersedia yang diberikan oleh pihak penjual karena pembayaran lebih awal suatu faktur. Suatu perkiraan kontra untuk penjualan.

T

T-account > Perkiraan T > Suatu bentuk perkiraan yang menyerupai huruf T.

Taxable income > Laba kena pajak > Dasar pengenaan pajak penghasilan.

Two-column journal > Jurnal dua kolom > Jurnal umum untuk berbagai tujuan.

Trail balance > Neraca percobaan > Suatu daftar ikhtisar saldo dan judul perkiraan.

Treasury stock > Saham treasuri > Saham beredar perusahaan sendiri yang telah ditebus (dibeli) kembali.

Transposition > Transposisi > Salah mencatat angka dari satu jumlah, misalnya $542 ditulis $524.

Total cost concept > Konsep total biaya > Suatu konsep yang digunakan dalam menerapkan pendekatan biaya penuh pada penetapan harga produk dimana semua biaya pabrikasi produk ditambah beban penjualan dan administrasi termasuk dalam dan administrasi termasuk dalam jumlah biaya yang akan ditambahkan dengan markup.

Time tickets > Kartu waktu/jam kerja > Suatu formulir dimana dicatat jumlah jam kerja yang dipakai oleh setiap karyawan dan biaya pekerja yang dikeluarkan untuk setiap pekerjaan, atau untuk overhead pabrik.

Temporary investment > Investasi sementara > Investasi dalam surat-surat berharga yang dapat dijual dengan segera, apabila dibutuhkan uang kas.

Temporary differences > Perbedaan sementara > Perbedaan antara laba sebelum pajak penghasilan dan laba kena pajak yang diperoleh dari pos-pos yang diakui dalam satu periode untuk tujuan perhitungan laba-rugi dan dalam periode lain untuk tujuan pajak. Perbedaan tersebut berkebalikan atau kembali lagi dalam tahun-tahun mendatang.

Temporary account > Perkiraan sementara > Suatu perkiraan pendapatan atau beban yang secara periodik ditutup ke perkiraan ikhtisar laba-rugi; suatu perkiraan nominal.

U

Uncollectible account expense > Beban akun piutang tak tertagih > Beban operasi yang terjadi karena kegagalan menagih piutang.

Underapplied factory overhead > Biaya overhead pabrik yang dibebankan terlalu rendah > Jumlah biaya overhead pabrik sebenarnya yang melebihi biaya overhead pabrik yang dibebankan ke produksi selama periode tertentu.

Unrealized holding gain or loss > Keuntungan atau kerugian yang belum direalisasi > Selisih antara nilai pasar sekuritas yang wajar dengan biayanya.

Unit-of-production depreciation method > Metode penyusutan berdasarkan unit produksi > Suatu metode, dimana beban penyusutan didasarkan pada kapasitas produktif yang diharapkan dari aktiva yang bersangkutan.

Unearned revenue > Pendapatan yang diterima dimuka > Pendapatan yang diterima dimuka atau mendahului periode pendapatan tersebut.

Unadjusted Trial Balance > Neraca percobaan yang belum disesuaikan

Unearned Income > Sewa diterima dimuka

Uncertainties > Ketidak pastian

Uncollectible Account > Beban penghapusan puitang

Uncollectible Account Receivable > Beban penghapusan piutang

Under Applied Overhead > Overhead yang dibebankan terlalu rendah

Unearned Revenue > Pendapatan diterima dimuka

Unemployment Tax > Pajak pengurangan

Unexpired > Belum kadaluwarsa

Unfavorable Variance > Selisih merugikan

Uniformity > Keseragaman

Unissued Capital stock > Modal saham yang belum beredar

Unit Cost > Harga perunit

Unit Equivalent > Unit setara

Unit Of Output Depreciation > Penyusutan dengan jumlah unut keluaran

Unit Product Cost > Biaya unit produksi

Unit Profit Graph > Grafik laba perunit

Unit Still In Process > Unit dalam Proses

Unlimited Liabilities > Kewajiban tak terbatas

Unqualied Opinion > Pendapatan Wajar

Unvoidable Cost > Biaya yang terhindarkan

Useful Life > Masa Pengunaan

V

Variable cost concept > Konsep biaya variabel > Suatu konsep yang digunakan dalam penerapan pendekatan biaya-plus pada penetapan harga produksi dimana hanya biaya dan beban variabel yang termasuk dalam jumlah biaya yang akan ditambah dengan mark-up.

Voucher system > Sistem voucher > Catatan, metode, dan prosedur yang digunakan dalam membuktikan dan mencatat kewajiban serta membayar dan mencatat pembayaran kas atas kewajiban tersebut.

Voucher register > Register voucher > Jurnal untuk mencatat semua voucher.

Voucher > Voucher (bukti pengeluaran) > Suatu dokumen yang berlaku sebagai bukti otorisasi pembayaran kas.

Vertical analysis > Analisis vertikal > Analisis persentase bagian komponen yang bersangkutan dengan total bagian tersebut dalam suatu laporan keuangan.

Variances from standard > Penyimpangan/ varians dari standar > Perbedaan antara biaya standard an biaya sebenarnya.

Variable costing > Penetapan biaya variabel  > Suatu konsep yang mempertimbangkan biaya produk yang diproduksi agar hanya terdiri dari biaya pabrikasi yang naik atau turun sesuai dengan naik atau turunnya volume produksi (bahan langsung, pekerja langsung, dan overhead pabrik variabel).

W

Working capital > Modal kerja > Kelebihan total aktiva lancar atas total kewajiban lancar pada suatu saat tertentu.

Work in process inventory > Persediaan barang dalam proses > Biaya bahan langsung, pekerja langsung, dan biaya overhead pabrik yang telah masuk kedalam proses pabrikasi, tetapi yang berkaitan dengan produk yang belum selesai.

Work sheet > Neraca lajur > Suatu kertas kerja untuk membantu penyusunan laporan keuangan.

Wages Expense > Pemeriksaan dokumen dasar

Wages Rate > Biaya upah

Wages And Taxes Statement > Laporan upah dan pajak

Working Paper For Consolidated Balance Sheet > Neraca lajur untuk neraca konsolidasi

Weighted Average > Metode rata-rata terimbang

Weighted Average Method > Metode rata-rata terimbang

Working sheet > Neraca Lajur

Working Paper > Kertas kerja

Write Off > Dihapuskan

Write Off Method > Metode penghapusan

X

Xe·ro·fil /sérofil/ n Bio organisme yg tahan hidup di daerah kering

Xe·non /sénon/ n Kim gas mulia, tidak berbau dan tidak berwarna, terdapat dl jumlah kecil di udara, biasa digunakan dl tabung lampu khusus; unsur dng nomor atom 54, berlambang Xe, dan bobot atom 131,30

Xe·no·ma·nia /sénomania/ n Psi kesukaan yg berlebihan thd segala sesuatu yg asing (berasal dr luar negeri)

Xe·no·lit /sénolit/ n Geo potongan batuan di dl batuan jenis lain

Xe·no·kra·si /sénokrasi/ n pemerintahan negara yg dipimpin atau dipegang oleh orang asing

Xe·no·graf /sénograf/ n ahli dalam membaca tulisan (naskah) bahasa asing

Xe·no·glo·sia /sénoglosia/ n Psi kemampuan memahami dan menggunakan bahasa yg tidak pernah dipelajari

Xe·no·fo·bia /sénofobia/ n Psi perasaan benci (takut, waswas) thd orang asing atau sesuatu yg belum dikenal; kebencian pd yg serba asing

Xe·no·fi·li /sénofili/ n orang yg tertarik kpd hal-hal yg berasal dr luar negeri (gaya, tata cara, dsb)

Xan·to·fil /santofil/ n Bot pigmen kuning pd daun yg tampak setelah warna hijaunya

Xan·tat /santat/ n Kim garam (biasanya natrium atau kalium) dr asam xantat yg digunakan sbg pengumpul dl metode pengapungan mineral

X /éks/ n 1 huruf ke-24 abjad Indonesia; 2 lambang bilangan sepuluh angka Romawi; 3 (dng huruf kapital bergaris atas) lambang bilangan 10.000 angka Romawi; 4 pengganti nama orang atau sesuatu yg tidak (belum) diketahui nama sebenarnya; 5 pengganti nama orang yg sedang dibicarakan walaupun nama orang tsb sudah diketahui (untuk menjaga nama baiknya); 6 Mat kesatuan yg tidak (belum) diketahui; bilangan khayal

Y

Yield > Hasil > Ukuran efisiensi pemakaian bahan; yield mengukur rasio jumlah output bahan terhadap jumlah input bahan. Yield kurang dari 1,0 artinya terjadi kehilangan bahan dalam suatu proses.

Yield Variance > Penyimpangan hasil investasi > Penyimpangan hasil yang terjadi atas pemakaian bahan baku dengan rencana pemakaian bahan baku.

Year-to-date net income > Laba bersih sampai dengan akhir tahun > Suatu perusahaan menghasilkan laba bersih dari awal tahun buku berjalan sampai dengan tanggal yang telah ditentukan. Contohnya, pendapatan bersih pada tanggal 31 Januari 2012 untuk perusahaan yang tahun kalendernya adalah pendapatan bersih dari 1 Januari 2012 sampai dengan 31 Desember 2012.

Yield to maturity > Hasil pengembalian investasi > Adalah total pengembalian investasi obligasi yang dimiliki perusahaan hingga tanggal jatuh tempo. Contohnya, jika obligasi atau surat-surat berharga yang dibeli kurang dari nilai jatuh tempo, maka perhitungan yield to maturity-nya  adalah bunga tahunan ditambah keuntungan sebagai peningkatan obligasi dari total investasi dengan nilai jatuh tempo.

Z

Zero-base budgeting > Penganggaran dasar nol. Suatu konsep penyusunan anggaran, dimana semua tingkatan manajemen disyaratkan mulai dari nol dan mengestimasi data anggaran seolah-olah belum pernah ada kegiatan apapun dalam unit mereka.

Zero coupon bonds > Sebuah obligasi tanpa bunga yang ditetapkan > Obligasi yang ditetapkan tanpa bunga, karena bunga yang dibayarkan, obligasi akan didiskontokan pada saat penjualannya dari nilai jatuh tempo. Daripada menerima bunga, kompensasi investor akan menjadi perbedaan antara harga diskon di mana obligasi dibeli dan harga investor menerima ketika menjual obligasi. Jika investor memegang obligasi hingga jatuh tempo, investor akan mendapatkan perbedaan antara biaya diskon dan nilai jatuh tempo.

Zakat Al-wada’i > Zakat simpanan uang (zaka on saving); Uang termasuk harta yang wajib dikeluarkan zakatnya apabila sudah terpenuhi syarat-syaratnya, dan kadar yang dikeluarkan adalah 2.5%.

Zakat Al-fitrah > Zakat Fitrah (zaka fithr) zakat badan atau jiwa yang dikeluarkan berkaitan dengan berakhirnya bulan ramadhan.zakat fitrah wajib atas tiap-tiap yang bernyawa besar, kecil, tua-muda, laki, perempuan, merdeka atau budak, yang mempunyai kelebihan makanan dari keperluan untuk sehari semalam bagi dirinya, keluarganya dan binatangnya pada hari raya yang fitri.zakat fitrah dikeluarkan satu tahun sekali, ukurannya 2 1/2 -3 1/2 liter bahan makanan pokok setempat.

Zakat Ad-dzahab > Zakat emas (zaka on gold); emas termasuk harta yang wajib dikeluarkan zakatnya apabila telah memenuhi syarat-syaratnya. Kadar zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5%.

Zakat > Suci, bersih dan tumbuh (zaka). Menurut istilah syara’ ialah mengeluarkan sejumlah harta tertentu untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh syara’. Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang lima dan hukumnya adalah wajib.

Zabun > Nasabah, pelanggan (customer); pihak yang menggunakan jasa bank.

Tinggalkan komentar