Istilah Akuntansi (E-N)

Istilah Akuntansi huruf A sampai D -> Klik Disini
Istilah Akuntansi huruf O sampai Z -> Klik Disini

E

Earnings per share (EPS) on common stock > Laba per saham saham biasa > Rasio profitabilitas dari laba bersih yang tersedia bagi pemegang saham terhadap jumlah lembar saham yang beredar.

Economies of scale > Skala yang ekonomis > Suatu konsep ekonomi yang menyatakan bahwa dalam rentang produksi yang luas, biaya-biaya bervariasi dalam proporsi yang berbeda dengan perubahan dalam dasar aktivitas. Bila fasilitas produksi terbatas, biaya-biaya cenderung meningkat tetapi pada tingkat yang menurun dengan naiknya produksi pada tingkat yang relatif lebih rendah.

Effective funds of interest > Suku bunga efektif > Suku bunga pasar pada saat pengeluaran obligasi.

Extraordinary repairs > Reparasi luar biasa > Pengeluaran yang menambah umur kegunaan suatu aktiva lebih lama dari estimasi awalnya.

Extraordinary item > Pos luar biasa > Suatu kejadian atau transaksi yang sifatnya tidak biasa atau jarang terjadi.

Expense > Beban > Jumlah aktiva yang terpakai atau jasa yang digunakan dalam proses menghasilkan pendapatan.

Exchange rate > Kurs tukar valuta asing > Kurs yang menunjukkan nilai tukar mata uang tertentu dengan mata uang lainnya.

Uquivalent units of production > Unit produksi ekuivalen > Jumlah unit yang dapat diproduksi dari awal sampai dengan akhir selama suatu periode.

Equity security > Surat berharga pemilikan > Saham preferen atau saham biasa.

Equity per share > Ekuitas (modal) per lembar saham > Rasio modal pemilikan saham terhadap jumlah lembar saham yang beredar.

Equity method > Metode kepemilikan (metode ekuitas) > Suatu metode akuntansi untuk investasi dalam saham biasa, dimana perkiraan investasi disesuaikan untuk bagian investor dari laba bersih periodik dan dividen harta yang diterima dari investee.

Eelectronic funds transfer (EFT) > Transfer dana elektronik > Suatu sistem pembayaran yang menggunakan impuls elektronik terkomputerisasi, dan bukan dengan kertas (uang, cek, dan sebagainya) untuk melaksanakan suatu transaksi kas.

Effective rate of interest > Suku bunga efektif > Suku bunga pasar pada saat pengeluaran obligasi.

F

Factory overhead cost > Biaya overhead pabrik > Semua biaya operasi pabrik di luar bahan langsung dan pekerja langsung.

Factory overhead controllable variance > Varians overhead pabrik yang terkendali > Perbedaan antara jumlah sebenarnya biaya overhead pabrik yang terjadi dan jumlah overhead pabrik yang dianggarkan untuk tingkat operasi yang dicapai.

Factory overhead volume variance > Varians volume overhead pabrik > Kerugian atau keuntungan karena beroperasi dibawah atau diatas 100% kapasitas produktif normal.

Future value > Nilai masa depan > Jumlah yang berakumulasi pada suatu tanggal di masa depan sebagai hasil dari investasi atau serangkaian investasi.

Funded > Didanai, dicadangkan > Pencadangan (appropriasi) laba yang ditahan yang disertai dengan penyisihan uang kas atau surat-surat berharga.

FOB shipping point > Franko gudang penjual > Syarat perjanjian antara pembeli dan penjual, dimana hak kepemilikan berpindah ketika barang diserahkan kepada perusahaan angkutan dan pihak pembeli menanggung biaya transportasi.

FOB destination > Franko gudang pembeli > Syarat perjanjian antara pembeli dan penjual, dimana hak kepemilikan barang berpindah ketika barang diterima oleh pembeli, dan pihak penjual menanggung biaya transportasi.

Flexible budget > Anggaran fleksibel > Suatu seri anggaran untuk berbagai tingkat kegiatan.

Fixed expense (cost) > Beban (biaya) tetap > Suatu beban (biaya) yang cenderung tetap jumlahnya, meskipun volume kegiatan bervariasi.

Fiscal year > Tahun fiscal (tahun pajak) > Periode akuntansi tahunan yang dianut oleh suatu perusahaan.

First-in, first-out (fifo) method > Metode masuk pertama, keluar pertama (fifo) > Suatu metode penetapan harga pokok persediaan berdasarkan asumsi bahwa harga pokok barang terjual harus dibebankan terhadap pendapatan menurut urutan harga pokok yang terdiri.

Finished googs ledger > Buku barang jadi > Buku tambahan yang memuat perkiraan tersendiri untuk setiap jenis barang yang diproduksi.

Finished goods inventory > Persediaan barang jadi > Harga pokok barang jadi yang ada dalam keadaan siap dijual.

Financial accounting standards board (FASB) > Dewan standar akuntansi keuangan > Suatu badan yang berwenang mengembangkan prinsip-prinsip akuntansi untuk semua kesatuan kecuali pemerintahan.

Financial accounting > Akuntansi keuangan > Cabang akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi dengan menggunakan prinsip akuntansi yang lazim (GAAP) untuk sebuah perusahaan bisnis atau unit ekonomi lain dan dengan penyusunan secara periodic berbagai laporan dari catatan tersebut.

G

General journal > Jurnal umum > Formulir dua lajur untuk mencatat ayat-ayat jurnal yang tidak masuk ke dalam jurnak khusus.

General ledger > Buku besar > Buku utama, apabila digunakan bersamaan dengan buku tambahan berisi semua perkiraan neraca dan perhitungan laba-rugi.

Gross profit method > Metode laba kotor > Suatu cara menaksir persediaan yang ada tanpa harus menghitung secara fisik jumlah persediaan.

Gross profit > Laba kotor > Selisih antara penjualan bersih dan harga pokok penjualan.

Gross pay > Penghasilan kotor > Pengahasilan total seorang karyawan untuk suatu periode penggajian.

Goodwill > Goodwill > Suatu aktiva tak berwujud yang terkait pada suatu perusahaan tertentu sebagai hasil factor-faktor yang menguntungkan, seperti lokasi, keunggulan produk, nama baik, dan keahlian manajerial.

Going concern concept > Konsep perusahaan berlanjut > Konsep yang menganggap bahwa suatu kesatuan usaha diharapkan akan terus beroperasi dengan menguntungkan dalam jangka waktu yang terbatas.

Generally accepted accounting principle (GAAP) > Prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum > Pedoman-pedoman akuntansi yang diterima umum untuk menyiapkan laporan keuangan.

General Accounting > Aukuntansi Umum

General Ledger > Buku besar

General Journal > Jurnal umum

General And Administrative Expense > Biaya umum dan administrasi

General Examination > Pemeriksaan umum

General Assigment > Penegasan umum

Government financial > Keuangan penerintah

Government accunting > Akuntansi pemerintah

Gross Method > Metode Kotor

Gross loss > Rugi kotor

Gross Profit >Laba kotor

Gross Profit Analysist > Analisa laba kotor

Gross profit method > Metode laba kotor

Gross Profit on sales > Laba kotor atas penjualan

Gross Working Capital > modal kerja kotor

Group Code > Kode kelompok

Go Public Compony > Perusahan yang menjual saham
ke masyarakat

H

Horizontal analysis > Analisis horisontal > Analisis persentase kenaikan atau penurunan pos-pos yang sebanding dalam laporan keuangan komparatif.

High-low method > Metode tinggi-rendah > Suatu teknik yang menggunakan total biaya teritnggi dan terendah sebagai dasar untuk menaksir biaya variabel per unit dan komponen biaya tetap dan biaya gabungan.

Heating and lighting expense > Biaya pemanasan dan penerangan

Hidden Reserves > Cadangan rahasia

Historical cost Accounting > Harga perolehan historis

Historical cost > Biaya Historis

Home office > kantor pusat

Horizon Analyst > Analisa mendatar

Human Resource Accounting > Akuntansi sumber daya manusia

Haq Al-intifa’ > Hak memanfaatkan suatu benda yang telah tersedia untuk kepentingan umum

Haram > Terlarang; tindakan yang tidak dibenarkan untuk dilakukan menurut syariah

Harga > Harga kontrak berjangka di bursa berjangka

Harga Berdasarkan Biaya > Harga dari suatu produk yang hanya dapat menutupi biaya produksi dan distribusinya tanpa adanya marjin keuntungan (cost price / BEP price)

Harga Dasar > Harga yang digunakan sebagai dasar untuk menghitung harga barang yang diperjualbelikan (basic price)

Harga Jual Dan Harga Beli > Penawaran terendah yang ditawarkan penjual dan permintaan tertinggi pembeli, yang dicatat petugas bursa setiap hari perdagangan.

Harga Nominal > Harga yang tertera yang memberikan indikasi nilai yang digunakan dalam suatu transaksi

Harga Nominal (par Value) > Nilai yang ditetapkan emiten bagi penilaian setiap lembar saham yang dikeluarkan. harga nominal saham sesuai keinginan emiten

Harga Pasar > Harga yang terbentuk berdasarkan penawaran dan permintaan (market price) ; Harga terakhir yang dilaporkan saat saham terjual di bursa. harga ini terjadi setelah saham tersebut dicatatkan di bursa disebut harga pasar sekunder

Harga Penawaran > Dua harga yang lazim digunakan dalam perdagangan surat berharga atau valuta asing (bid-ask price)

Harga Penutupan > Harga surat berharga yang diperdagangkan pada akhir waktu perdagangan (closing price)

Harga Perdana > Harga efek pertama kali dikeluarkan/ditawarkan kepada masyarakat pertama kali

Harta Bersih > Selisih antara nilai total aktiva dan nilai total pasiva yang dilaporkan dalam neraca (net asset)

Hawalah > Akad pengalihan hutang dari satu pihak yang berhutang kepada pihak lain yang wajib menanggung (membayar) -nya.

I

Income summary account > Perkiraan ikhtisar laba-rugi > Perkiraan yang digunakan dalam proses penutupan buku besar untuk mengikhtisarkan perkiraan pendapatan dan beban.

Income from operation > Laba operasi > Kelebihan laba kotor atas total beban operasi.

Income statement > Perhitungan laba-rugi > Laporan laba rugi > Ikhtisar pendapatan dan beban satu kesatuan usaha untuk jangka waktu tertentu.

Invoice > Faktur > Nota tagihan yang dikeluarkan oleh penjual (disebut faktur pajak penjualan) kepada seorang pembeli (disebut faktur pajak pembelian) untuk barang yang dibeli.

Investment center > Pusat investasi > Suatu unit terdesentralisasi dimana manajer mempunyai tanggung jawab dan wewenang untuk mengambil keputusan yang mempengaruhi tidak hanya biaya dan pendapatan, tetapi juga aktiva tetap yang tersedia pada pemusatan tersebut.

Inventory turnover > Perputaran persediaan > Hubungan antara volume barang terjual dan persediaan, yang dihitung dengan membagi harga pokok penjualan dengan persediaan rata-rata.

Internal controls > Pengendalian internal > Prosedur rinci yang diikuti perusahaan untuk mengendalikan operasinya.

Interim statement > Laporan interim > Laporan keuangan yang dikeluarkan untuk suatu periode yang kurang dari satu tahun fiskal.

Intangible asset > Aktiva tak berwujud > Aktiva berumur panjang dalam opersi perusahaan yang tidak disimpan untuk dijual, dan tidak mempunyai bentuk fisik.

Installment method > Metode cicilan > Metode pengakuan pendapatan, dimana setiap penerimaan kas dari penjualan cicilan dianggap terdiri dari pembayaran sebagian harga pokok barang yang dijual dan laba kotornya.

Inflation > Inflasi > Suatu periode dimana harga-harga umum naik dan daya beli uang turun.

Indirect method > Metode tak langsung > Suatu metode pelaporan arus kas dari aktivitas operasi sebagai laba bersih operasi yang disesuaikan untuk semua deferral dari penerimaan dan pembayaran kas dimasa lalu dan semua akrual dari penerimaan dan pengeluaran kasi dimasa depan yang diperkirakan.

Indirect expense > Beban tak langsung > Suatu beban yang timbul untuk keseluruhanp perusahaan sebagai unit dan bukan dibawah pengendalian manajer masing-masing departemen.

Indirect cost > Biaya tak langsung > Suatu biaya untuk unit tertentu dalam perusahaan atau organisasi, tidak dapat ditelusuri secara langsung pada unit itu.

J

Job cost sheet > Kartu biaya pesanan > Suatu perkiraan dalam buku besar biaya, di mana dicatat biaya-biaya yang dibebankan ke suatu pesanan tertentu.

Just-in-time processing > Pemrosesan just-in-time (JIT) > Pendekatan proses produksi yang memfokuskan pada pengurangan waktu, biaya, dan mutu yang buruk didalam proses produksi dan non produksi.

Journalizing > Penjurnalan > Proses pencatatan transaksi didalam jurnal.

Journal > Jurnal/buku harian > Catatan awal dimana pengaruh transaksi pada perkiraan dicatat.

Joint products > Produk gabungan > Dua jenis barang atau lebih dengan nilai sama-sama penting yang diproduksi dari satu bahan langsung utama.

Joint cost > Biaya gabungan > Suatu biaya bersama untuk memproduksi dua produk atau lebih (produk gabungan).

Job order cost system > Sistem biaya pesanan > Suatu jenis sistem pengumpulan biaya, dimana dibuat catatan terpisah untuk setiap harga pokok kuantitas produk tertentu yang melewati proses produksi dalam suatu pabrik.

Job order cost > Biaya pesanan

Job order cost sheet > Kartu biaya pesanan

Job order cost system > Sistem biaya pesanan

Job time ticket > Kartu jam kerja

Joint cost > Biaya gabungan

Joint cost of capital > Biaya penggunan modal bersama

Joint product > Produksi gabungan

Joint venture > Usaha patungan

Joint venture books > buku-buku usaha patungan

Journal entry > Ayat-ayat jurnal

Judgment sample > Sampel pertimbangan

K

Kafalah > Akad penjaminan yang diberikan oleh penanggung (kafii) kepada pihak ketiga untuk memenuhi kewajiban pihak kedua atau yang ditanggung (makful ‘anhu, ashi)

Kafiil > Pihak yang memberikan jaminan untuk menanggung kewajiban pihak lain dalam akad kafalah

Kantor Cabang >Kantor bank yang secara langsung bertanggung jawab kepada kantor pusat bank yang bersangkutan, dengan alamat tempat usaha yang jelas dimana kantor cabang tersebut melakukan usahanya

Kantor Cabang Bank Asing > Kantor Cabang dari bank yang berkedudukan di luar negeri berdasarkan hukum asing atau berkantor pusat di luar negeri, yang secara langsung atau tidak langsung bertanggung jawab kepada kantor pusat bank yang bersangkutan dan mempunyai alamat serta tempat kedudukan di Indonesia

Kantor Cabang Pembantu Bank Asing > Kantor bank yang secara langsung bertanggung jawab kepada Kantor Cabang Bank Asing yang berkedudukan di Indonesia, dan mempunyai alamat serta tempat kedudukan di Indonesia

Kantor Cabang Syariah > Kantor cabang dari bank konvensional yang melakukan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah

Kantor Di Bawah Kantor Cabang > Kantor Cabang Pembantu atau Kantor Kas yang kegiatan usahanya membantu Kantor Cabang induknya

Kantor Di Bawah Kantor Cabang Syariah >Kantor Cabang Pembantu Syariah atau kantor Kas Syariah yang melakukan Kegiatan Usaha Berdasarkan Prinsip Syariah dalam rangka membantu Kantor Cabang Syariah induknya

Kantor Kas > Kantor di bawah Kantor Cabang yang kegiatan usahanya membantu Kantor induknya kecuali melakukan penyaluran dana

Kasir > Orang yang bertugas menerima dan membayar uang atas perintah yang berwenang

Kesepakatan > Persetujuan bersama antara nasabah atau perwakilan nasabah dengan bank terhadap suatu upaya penyelesaian sengketa

Kesulitan Pendanaan Jangka Pendek > Keadaan yang dialami Bank Syariah yang disebabkan oleh terjadinya arus dana masuk yang lebih kecil dibandingkan dengan arus dana keluar (mismatch)

Kharaj > Pajak atas tanah (landtax) ); Kharaj ditentukan berdasarkan tingkat produktivitas tanah (land productivity)

L

Last-in, first-out (LIFO) methode > Metode masuk akhir, keluar pertama > Suatu metode penetapan harga pokok persediaan berdasarkan asumsi bahwa harga pokok barang dagang yang paling terakhir terjadi harus dibebankan kedalam persediaan.

Lower of cost or market > Yang terendah antara harga pokok atau harga pasar > Suatu metode penetapan harga pokok persediaan atau penilaian investasi jangka pendek, dimana aktiva tersebut dicatat sebesar nilai yang terendah antara harga pokok atau harga pasar.

Long-term liability > Kewajiban jangka panjang > Suatu kewajiban yang jatuh temponya relative lama (biasanya lebih dari satu tahun).

Long-term investment > Investasi jangka panjang > Suatu investasi yang tidak dimaksudkan untuk dicairkan menjadi uang kas lagi dalam operasi normal perusahaan dan dalam neraca dicantumkan sebagai akun perkiraan investasi.

Liquidation > Likuidasi > Proses pembubaran pada saat persekutuan menghentikan usahanya.

Liability > Kewajiban > Hutang yang dimiliki suatu perusahaan atau bisnis.

Leverage > Leverej > Kecenderungan perubahan tingkat laba atas modal pemegang saham dari tingkat laba atas total aktiva karena perbedaan antara bunga yang dibayar kepada kreditur dan hasil yang diperoleh dari dana yang dipinjam dari kreditor tersebut.

Ledger > Buku besar > Sekelompok perkiraan yang digunakan oleh perusahaan.

Laporan Bulanan Bank Umum Syariah > Selanjutnya disebut Laporan adalah laporan keuangan yang disusun oleh bank yang melaksanakan kegiatan usaha bedasarkan prinsip syariah untuk kepentingan Bank Indonesia, yang disajikan menurut sistematika yang Ditentukan bank indonesia dalam format dan definisi yang seragam Serta dilaporkan dengan menggunakan sandi-sandi dan angka-angka.

Laporan Keuangan Publikasi Triwulanan > Laporan keuangan yang disusun berdasarkan standar akuntansi keuangan yang berlaku dan dipublikasikan setiap tri wulan sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia

Lessee > Penyewa; pihak yang mengambil manfaat dari penggunaan aset, (manfaat)

Lessor > Pemberi sewa; pemilik aset yang akan disewakan, bisa dilakukan oleh lembaga keuangan syariah (LKS)

M

Managerial accounting > Akuntansi manajerial > Cabang akuntansi yang memakai data historis dan estimasi dalam memberikan informasi yang diperlukan manajemen dalam melaksanakan operasi sehari-hari dan dalam merencanakan operasi masa depan.

Multiple-step income statement > Perhitungan laba-rugi bertahap > Suatu perhitungan laba-rugi, dimana dicantumkan banyak bagian dan subbagian dengan beberapa saldo antara sebelum sampai ke laba bersih.

Mixed cost > Biaya campuran > Suatu biaya dengan cirri khas variabel dan tetap, yang sering kali disebut biaya semivariabel dan semitetap.

Minority interest > Kepentingan/hak minoritas > Sebagian modal perusahaan anak yang tidak dimiliki oleh perusahaan induknya.

Merger > Fusi > Penggabungan dua perseroan dengan pembelian harta kekayaan salah satu perseroan oleh perseroan lainnya, dan pembubaran salah satu perseroan (yang hartanya dibeli).

Merchandise inventory > Persediaan barang dagang > Barang dagang yang masih ada dan siap untuk dijual.

Maturity value > Nilai jatuh tempo > Jumlah pada tanggal jatuh tempo atau pada saat jatuh tempo wesel.

Materiality > Materialitas > Konsep yang mengakui praktek pengabaian penyimpangan kecil atau tidak berarti dari prinsip-prinsip akuntansi yang lazim.

Matching > Penandingan > Suatu prinsip akuntansi dimana semua pendapatan harus ditandingkan dengan beban yang timbul untuk memperoleh pendapatan selama jangka waktu tertentu.

Markup > Penaikan harga jual > Suatu jumlah yang ditambahkan pada jumlah biaya untuk menentukan harga produk.

Market (sales) value method > Metode nilai pasar (penjualan) > Metode pengalokasian biaya gabungan diantara produk-produk sesuai dengan nilai penjualan relatifnya.

Marketable security > Surat berharga > Suatu investasi dalam surat berharga yang dapat dijual dengan segera jika uang kas diperlukan.

Margin of safety > Margin pengaman > Selisih antara pendapatan penjualan pade periode berjalan dan penjualan pada titik impas (break even point).

Marginal revenue > Pendapatan marjinal > Kenaikan dalam total pendapatan yang direalisasikan dari penjualan suatu unit produk tambahan.

Marginal cost > Biaya marginal > Kenaikan dalam total biaya produksi dan penjualan suatu unit produk tambahan.

Manufacturing margin > Marjin pabrikasi > Penjualan dikurangi harga pokok dari barang yang dijual.

N

Natural business year > Tahun usaha alami > Suatu tahun yang berakhir apabila kegiatan perusahaan telah mencapai titik terendah dalam siklus operasi tahunannya.

Net income > Laba bersih > Angka terakhir dalam perhitungan laba-rugi apabila pendapatan melebihi beban.

Number of days sales in receivables > Jumlah hari penjualan dalam piutang > Hubungan antara penjualan kredit dan piutang usaha, yang dihitung dengan membagi piutang usaha bersih pada akhir tahun dengan rata-rata penjualan kredit harian.

Number of days sales in inventory > Jumlah hari penjualan dalam persediaan > Hubungan antara volume penjualan dan persediaan, yang dihitung dengan membagi persediaan barang dagang pada akhir tahun dengan harga pokok penjualan rata-rata per hari.

Note receivable > Wesel tagih > Janji tertulis untuk membayar, yang merupakan jumlah yang akan diterima oleh suatu perusahaan.

Note payable > Wesel bayar > Janji tertulis untuk membayar, yang merupakan jumlah yang terhutang oleh suatu perusahaan.

Noncontrollable cost > Biaya yang tidak dapat dikendalikan > Untuk suatu tingkat manajemen tertentu, biaya tidak dapat dikendalikan secara langsung.

Nominal account > Perkiraan nominal > Perkiraan pendapatan atau beban yang secara periodik ditutup ke perkiraan ikhtisar laba rugi; perkiraan modal pemilik sementara.

Net worth > Kekayaan bersih > Modal pemilik dalam suatu perusahaan.

Net realizable value > Nilai bersih yang dapat direalisasikan > Jumlah yang harus dinilai untuk barang dagang yang dapat dijual hanya pada harga di bawah harga pokok, yang ditentukan dengan harga penjualan dikurangi setiap biaya pelepasan langsung.

Net pay > Penghasilan bersih > Penghasilan kotor dikurangi potongan upah/gaji; jumlah yang harus dibayarkan majikan kepada karyawan.

Net loss > Rugi bersih > Angka terakhir dalam perhitungan laba-rugi apabila pendapatan kurang dari beban.

 

Tinggalkan komentar