Istilah Akuntansi (A-D)

Istilah Akuntansi huruf E sampai N -> Klik Disini
Istilah Akuntansi huruf O sampai Z -> Klik Disini

A

Accelerated depreciation method > Metode penyusutan dipercepat > Adalah merupakan metode penyusutan yang menyisihkan beban penyusutan yang menyisihkan beban penyusutan yang tinggi dalam tahun pertama penggunaan aktiva dan kemudian dalam peride selanjutnya beban terebut semakin kecil.

Account > Akun/Perkiraan/Rekening > Adalah merupakan kumpulan pos akuntansi yang dipergunakan untuk mencatat pengurangan serta penambahan pada setiap aktiva atau harta, hutang atau kewajiban, modal pemilik, beban serta pendapatan.

Account form of balance sheet > Neraca bentuk perkiraan > Bentuk laporan ini menitik beratkan pada konspep perbandingan dimana posisi pos aktiva ada di sebelah kiri, sementara pos kewajiban serta pemilik modal berada pada sebelah kanan.

Accounting > Akuntansi > Proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi ekonomi agar pemakai informasi dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi tersebut.

Accounting cycle > Prosedur utama prinsip akuntansi yang digunakan untuk memproses transaksi selama suatu periode akuntansi (siklus akuntansi).

Accounting equation > Pernyataan hubungan antara aktiva, kewajiban, dan modal pemilik, yang secara umum dinyatakan sebagai Aktiva = Kewajiban + Modal (persamaan akuntansi).

Accounting periode concept > adalah konsep periode akuntansi yang mewajibkan bahwa pelaporan akuntansi harus disusun atas dasar interval atau jarak waktu tertentu.

Accounting system > Sistem akuntansi > Sistem yang memberikan informasi untuk digunakan dalam menjalankan kegiatan perusahaan dan melaporkan kepada pemilik, kreditor, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Account payable > Hutang usaha > Kewajiban yang timbul dari pembelian kredit.

Account receivable > Piutang usah > Suatu klaim/tuntutan kepada seorang pelanggan atas penjualan kredit.

Account payable ledger > Buku besar hutang usaha > Buku tambahan yang berisi perkiraan untuk setiap supplier/pemasok (kreditor).

Account Receivable ledger > Buku besar piutang usaha > Buku tambahan yang berisi perkiraan untuk setiap customer/pelanggan (debitor).

Account receivable turnover > Perputaran piutang usaha > Hubungan antara penjualan kredit dan piutang usaha, yang dihitung dengan membagi penjualan kredit bersih dengan rata-rata piutang usaha bersih.

Accrual > Aklrual > Beban atau pendapatan yang secara bertahap bertambah dengan berlalunya waktu.

Accrual basis > Dasar akrual > Pendapatan yang diakui dalam periode dimana pendapatan itu dihasilkan dan beban diakui dalam periode terjadinya selama dalam menghasilkan pendapatan.

Accrued asset (accrued revenue) or accrued liability (accrued expense) > Aktiva (pendapatan) yang masih akan diterima atau kewajiban (beban) yang masih harus dibayar > Suatu aktiva (pendapatan) atau kewajiban (beban) yang semakin bertambah dengan berlalunya waktu dan yang dicatat pada akhir periode akuntansi dengan ayat jurnal penyesuaian.

Accumulated depreciation account > Akun akumulasi penyusutan > Akun kontra aktiva yang digunakan untuk mengakumulasikan penyusutan aktiva tetap sampai dengan periode tertentu.

Acid-test ratio > Rasio cepat > Rasio dari jumlah uang kas, piutang dan surat-surat berharga terhadap kewajiban lancer.

Activy base > Dasar aktivitas > Dasar yang berkaitan paling erat dengan biaya dan kebutuhan pengambilan keputusan manajemen dalam menggunakan biaya itu untuk perencanaan dan pengendalian operasi.

Activity base > Dasar aktivitas > Dasar yang berkaitan paling erat dengan biaya dan kebutuhan pengambilan keputusan manajemen dalam menggunakan biaya itu untuk perencanaan dan pengendalian operasi.

Adequate disclosure > Pengungkapan yang memadai > Konsep bahwa laporan keuangan dan catatan kaki yang menyertainya harus berisi semua data bersangkutan yang dianggap sangat penting bagi pembacanya guna memahami status keuangan perusahaan.

Adjusting entry > Ayat jurnal penyesuaian > Suatu ayat jurnal yang diperlukan pada akhir periode akuntansi untuk mencatat transaksi internal dan untuk memutakhirkan buku besar.

Average rate of return > Tingkat hasil pengembalian rata-rata > Suatu metode evaluasi atas usulan pengeluaran modal yang memusatkan pada profitabilitas yang diharapkan dari investasi tersebut.

Average cost method > Metode harga pokok rata-rata > Metode penetapan harga pokok persediaan berdasarkan asumsi bahwa harga pokok persediaan berdasarkan asumsi bahwa harga pokok (biaya) harus dibebankan terhadap pendapatan menurut harga pokok rata-rata tertimbang per unit barang yang dijual.

Asset > Aktiva/harta > Kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan atau entitas bisnis.

Articles of partnership > Akte pendirian persekutuan > Suatu perjanjian resmi tertulis untuk mendirikan persekutuan (partnership).

Appropriation of retained earnings > Apropriasi laba yang ditahan > Jumlah laba yang ditahan suatu perseroan yang telah diperuntukkan bagi keperluan tertentu, sehingga tidak boleh dibagikan sebagai dividen kepada pemegang saham.

Annuity > Anuitas > Serangkaian arus kas yang sama pada selang waktu yang tetap.

Amortization > Amotisasi > Beban periodik yang disebabkan oleh turunnya kegunaan suatu aktiva tak berwujud atau alokasi premi atau diskonto obligasi selama umur obligasi tersebut.

American Institute of CPAs (AICPA) > Institut akuntan publik berijazah Amerika > Organisasi profesi nasional akuntan publik berijazah di Amerika.

Allowance method > Metode penyisihan > Metode akuntansi untuk piutang tak tertagih, dengan menetapkan suatu jumlah tertentu yang disisihkan di muka untuk piutang atau pos yang tidak tertagih.

Aging the receivables > Menyusun daftar piutang menurut umur piutang > Proses penganalisaan piutang usaha dan mengklasifikasikannya sesuai dengan kelompok umurnya, di mana umur tersebut didasarkan pada tanggal jatuh temponya.

Administration expense > Beban administrasi > Suatu beban yang dikeluarkan dalam operasi administrasi atau umum dari suatu perusahaan.

B

Balance of an account > Saldo perkiraan > Jumlah selisih antara debet dan kredit yang telah dimasukkan ke dalam suatu perkiraan.

Balance sheet > Neraca > Laporan keuangan yang berisi daftar aktiva, kewajiban, dan modal pemilik suatu perusahaan pada suatu tanggal tertentu.

Bank reconciliation > Rekonsiliasi bank > Metode analisis yang merinci pos-pos yang menyebabkan perbedaan antara saldo kas yang dilaporkan kedalam rekening koran bank dan saldo perkiraan kas dalam buku besar.

By-produc > Produk sampingan > Suatu produk, yang dihasilkan dari proses produksi tetapi nilainya sangat kecil dibandingkan dengan produk utamanya atau produk gabungan.

Business transaction > Transaksi usaha > Terjadinya suatu peristiwa atau suatu keadaan yang harus dicatat dalam transaksi akuntansi.

Business entity concept > Konsep kesatuan usaha > Konsep yang mengasumsikan bahwa akuntansi diterapkan untuk unit-unit ekonomi individual dan bahwa setiap unit terpisah serta berbeda dari kesatuan unit yang lain.

Budget performance report > Laporan prestasi anggaran > Suatu laporan yang membandingkan hasil sebenarnya dengan angka anggaran.

Budget > Anggaran > Suatu pernyataan tertulis dari rencana manajemen untuk masa depan yang dinyatakan dalam satuan keuangan.

Break-even point > Titik impas > Tingkat operasi perusahaan, dimana nilai antara pendapatan dan beban sama.

Boot > Tombokan > Saldo yang harus dibayar kepada pemasok apabila aktiva lama ditukar dengan aktiva yang baru.

Bond indenture > Perjanjian obligasi > Suatu perjanjian antara perusahaan yang mengeluarkan obligasi dan pemegang obligasi.

Bond > Obligasi > Suatu bentuk wesel berbunga yang digunakan oleh perusahaan untuk meminjam uang dalam jangka panjang.

Betterments > Perbaikan > Pengeluaran yang meningkatkan efisiensi atau kapasitas operasi untuk umur kegunaan yang tersisa dari suatu aktiva tetap.

C

Capital expenditure > Pengeluaran modal > Biaya yang menambah kegunaan aktiva selama lebih dari satu periode akuntansi.

Capital expenditures budget > Anggaran pengeluaran modal > Anggaran yang mengikhtisarkan rencana perolehan fasilitas pabrik dan peralatan di masa yang akan datang.

Capital investment analysis > Analisis investasi modal > Suatu proses dimana mana manajemen merencanakan, mengevaluasi, dan mengendalikan investasi modal jangka panjang yang meliputi kekayaan, pabrik, dan peralatan.

Capital lease > Lease modal > Suatu lease yang memuat satu atau lebih dari empat ketentuan, yang menetapkan bahwa aktiva yang dilease tersebut diperlakukan sebagai aktiva yang dibeli dalam perkiraan.

Current ratio > Rasio lancar > Rasio aktiva lancar terhadap kewajiban lancar.

Current liability > Kewajiban lancar > Suatu kewajiban yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat (biasanya dalam satu tahun atau kurang) dan yang akan dibayar dari aktiva lancar.

Current cost > Biaya masa berjalan > Jumlah kas yang harus dibayarkan saat ini untuk membeli aktiva dengan umur dan kondisi yang sama seperti aktiva yang ada.

Current asset > Aktiva lancar > Uang kas ataupun aktiva lainnya yang diharapkan dapat ditukar menjadi uang kas atau dijual atau dikonsumsi, yang biasanya dalam jangka waktu satu tahun atau kurang, melalui operasi normal (biasa) perusahaan.

Cumulative preferred stock > Saham prefern kumulatif > Saham preferen (istimewa) yang berhak atas dividen tahun berjalan dan tahun-tahun sebelumnya sebelum dividen boleh dibagikan untuk saham-saham biasa.

Credit memorandum > Nota kredit > Formulir yang diterbitkan oleh penjual untuk memberitahukan kepada debitor bahwa dalam perkiraan piutang usaha debitor telah dibukukan suatu jumlah kredit.

Credit > Kredit > Sisi kanan perkiraan, jumlah yang dibukukan ke sisi kanan perkiraan, membukukan suatu jumlah ke sisi kanan perkiraan.

Cost-volume-profit chart > Bagan biaya-volume-laba > Suatu bagan yang digunakan untuk membantu manajemen memenuhi hubungan antara biaya, beban, penjualan dan rugi atau laba operasi.

Cost-volume-profit analysis > Analisis biaya-volume-laba > Penelaahan sistematik atas hubungan antara harga jual, volume penjulan dan produksi, biaya, beban, penjualan dan laba.

Cost > Biaya > Pengeluaran kas atau komitmen untuk memayar kas dimasa depan dengan tujuan menghasilkan pendapatan.

Cost principle > Prinsip harga perolehan > Prinsip yang menyatakan bahwa harta atau jasa yang dibeli atau diperoleh dicatat sebesar harga perolehannya.

Cost of production report > Laporan biaya produksi > Suatu laporan yang disediakan secara periodik oleh bagian pemrosesan yang mengikhtisarkan (a) jumlah unit yang menjadi tanggung jawab bagian yang bersangkutan beserta disposisi unit-unit tersebut dan (b) biaya yang dibebankan ke bagian tersebut dan pengalokasian biaya ini.

Cost of merchandise sold > Harga pokok penjualan > Biaya untuk memproduksi barang yang terjual.

Cost method > Metode harga perolehan > Suatu metode akuntansi untuk investasi dalam saham, dengan mana pihak investor mengakui bagian dividen tunai yang diterimanya dari perusahaan (investee) sebagai pendapatan.

Cost ledger > Buku tambahan biaya > Buku tambahan yang digunakan dalam sistem biaya pesanan yang berisi satu perkiraan untuk setiap pesanan.

Cost center > Pusat biaya > Suatu unit terdesentralisasi dimana manajer departemen atau divisi mempunyai tanggung jawab untuk mengendalikan biaya yang dikeluarkan dan wewenang untuk mengambil keputusan yang mempengaruhi biaya-biaya ini.

Cost behavior > Perilaku biaya > Cara biaya berubah dalam kaitan dengan dasar aktivitasnya.

Cost accounting system > Sistem akuntansi Biaya > Suatu sistem akuntansi yang menggunakan sistem akuntansi persediaan perpetual untuk tiga persediaan pabrikasi: bahan langsung, barang dalam proses, dan barang jadi.

Corporation > Perseroan > Suatu kesatuan hukum terpisah yang didirikan sesuai dengan undang-undang dan pemilikannya dibagi lembar-lembar saham.

Conversion cost > Biaya konversi > Gabungan biaya pekerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Controlling account > Perkiraan pengendali > Suatu perkiraan dalam buku besar, yang mengikhtisarkan saldo buku tambahan.

Controller > Kontroler > Akuntan manajemen kepala dari suatu organisasi.

Controllable cost > Biaya yang dapat dikendalikan > Untuk tingkat manajemen tertentu, suatu biaya yang dapat dikendalikan secara langsung.

Control > Pengendalian > Proses mengarahkan operasi guna mencapai sasaran dan rencana organisasi.

Contribution margin ratio > Rasio marjin kontribusi > Presentasi setiap rupiah penjualan yang tersedia untuk menutup beban tetap dan memberikan laba operasi.

Contribution margin analysis > Analisis marjin kontribusi > Pemeriksaan sitematis atas perbedaan antara marjin kontribusi yang direncanakan dan yang sebenarnya.

Contribution margin > Marjin kontribusi > Penjualan dikurangi beban variabel harga pokok penjualan, beban penjualan dan beban administrasi variabel.

Contract rate of interest > Suku bunga kontrak > Suku bunga yang ditetapkan atas obligasi.

Contra account > Perkiraan kontra > Suatu perkiraan yang mengimbangi (offset) perkiraan lain.

Continuous budgeting > Penganggaran berlanjut > Metode penganggaran yang mempertahankan proyeksi dua belas bulan ke muka.

Contingent liability > Kewajiban kontinjen > Kewajiban potensial yang akan benar-benar terjadi apabila di kemudian hari terjadi peristiwa tertentu.

Consolidation > Konsolidasi > Pembentukan perseroan baru dengan penyerahan aktiva dan kewajiban dua atau lebih perseroan yang telah ada kepada perseroan baru.

Consolidated statement > Laporan konsolidasi/gabungan > Suatu laporan keuangan yang berasal dari penggabungan laporan perusahaan induk dan laporan perusahaan anak.

Consistency > Konsistensi > Konsep yang mengasumsikan bahwa prinsip-prinsip akuntansi yang lazim yang sama telah dipakai dalam penyiapan laporan keuangan secara terus-menerus.

Conservatism > Konservatisme > Konsep yang menyatakan bahwa dalam memilih dari sekian alternatif, maka metode atau prosedur yang menghasilkan jumlah laba bersih yang paling kecil atau nilai aktiva yang paling rendah harus dipilih.

Composite-rate depreciation method > Metode penyusutan dengan tarif gabungan > Suatu metode penyusutan yang menggunakan satu tarif tertentu untuk seluruh kelompok aktiva.

Complate-contract method > Metode kontrak selesai > Metode yang mengakui pendapatan dari kontrak pembangunan jangka panjang pada saat proyek selesai.

Common stock > Saham biasa > Suatu kelompok pemilikan dasar dari modal saham perseroan.

Common-size statement > Laporan dalam persentase > Laporan keuangan dimana semua pos hanya dinyatakan dalam ukuran relatifnya.

Closing entry > Ayat jurnal penutup > Suatu ayat jurnal yang diperlukan untuk menghilangkan saldo perkiraan sementara agar siap pakai bagi periode akuntansi selanjutnya.

Check register > Register cek > Bentuk jurnal pengeluaran kas yang dimodifikasi untuk mencatat semua transaksi yang yang dibayar dengan cek.

Chart of accounts > Bagan perkiraan > Daftar dari semua perkiraan yang digunakan oleh suatu perusahaan.

Cash receipt journal > Jurnal penerimaan kas > Jurnal untuk mencatat semua penerimaan kas.

Cash payment journal > Jurnal pengeluaran kas > Jurnal untuk mencatat seluruh pengeluaran kas.

Cash payback period > Periode kembalinya dana kas > Taksiran jangka waktu antara tanggal pengeluaran modal dan pengembaliannya dalam bentuk uang kas (atau ekuivalen uang kas) atas jumlah yang telah ditanamkan.

Cash flows from operating activities > Arus kas dari aktivitas operasi > Bagian dari laporan arus kas dimana dilaporkan transaksi kas yang masuk ke dalam penentuan laba bersih.

Cash flows from investing activities > Arus kas dari aktivitas investasi > Bagian dari laporan arus kas dimana dilaporkan aktivitas yang melibatkan penerimaan kas dari penjualan investasi, aktiva tetap, dan aktiva tak lancar lainnya; dan pembayaran kas untuk akuisisi investasi, aktiva tetap, dan aktiva tak lancar lainnya.

Cash flows from financing activities > Arus kas dari aktivitas keuangan > Bagian dari laporan arus kas dimana dilaporkan transaksi yang melibatkan penerimaan kas dari penerbitan ekuitas dan surat hutang, dan pembayaran kas untuk dividen, pembelian kembali surat berharga ekuitas, dan penarikan surat hutang.

Cash dividend > Dividen tunai > Pembagian uang kas oleh suatu perseroan kepada para pemegang sahamnya.

Cash discount > Potongan tunai > Potongan yang diberikan jika faktur dibayar dalam periode tertentu.

Cash basis > Dasar kas > Pendapatan diakui pada saat kas diterima, dan beban diakui pada saat kas dibayarkan.

Cash > Kas > Suatu alat tukar yang diterima bank dalam nilai nominalnya.

Carrying amount > Jumlah tercatat > Suatu jumlah dimana investasi sementara atau jangka panjang atau kewajiban jangka panjang dicatat pada neraca; disebut juga nilai dasar atau nilai buku.

Capital stock > Modal saham > Lembar bukti pemilikan atas suatu perseroan.

Capital rationing > Pengalokasian modal > Suatu proses dimana manajemen mengalokasikan dana investasi yang tersedia diantara usulan-usulan investasi modal yang direncanakan.

D

Debit > Debet > Sisi kiri perkiraan > Jumlah yang dibukukan ke sisi kiri perkiraan. Membukukan suatu jumlah ke sisi kiri perkiraan.

Debit memorandum > Nota debet > Formulir yang dikeluarkan oleh pembeli untuk memberitahukan kepada kreditor bahwa telah dibukukan sejumlah tertentu pada sisi debet di akun utang usaha kreditor.

Debt scurity > Surat berharga hutang > Obligasi atau wesel bayar.

Decentralization > Desentralisasi > Pemisahan perusahaan menjadi unit-unit yang lebih dapat dikelola.

Declining-balance depreciation method > Metode penyusutan saldo menurun > Suatu metode penyusutan dimana jumlah pembebanan biaya penyusutan periodik suatu aktiva semakin menurun selama umur taksiran aktiva tersebut.

Drawings > Penarikan > Jumlah penarikan yang diambil oleh pemilik tunggal atau sekutu.

Double-entry accounting > Akuntansi berpasangan > Suatu sistem pencatatan transaksi yang didasarkan pada pencatatan kenaikan dan penurunan dalam perkiraan-perkiraan, sehingga debet selalu sama dengan kreditnya.

Dishonored note receivable > Wesel tagih yang ditolak bank > Suatu wesel, dimana pada tanggal jatuh temponya pihak yang mengeluarkan tidak dapat melunasi.

Discretionary cost > Biaya diskresionari > Biaya yang tidak esensial untuk operasi jangka pendek.

Discount rate > Tarif diskonto > Tarif yang digunakan dalam menghitung bunga yang akan dikurangkan dari nilai jatuh tempo wesel.

Discounted internal rate of return methode > Metode tingkat pengembalian internal yang didiskontokan > Suatu metode analisis usulan investasi modal yang memusatkan pada penggunaan konsep nilai sekarang untuk menghitung tingkat pengembalian arus kas bersih yang diharapkan dari investasi.

Discounted cash flow methode > Metode arus kas yang didiskontokan > Suatu metode analisis usulan investasi modal yang memusatkan pada nilai sekarang arus kas yang diharapkan dari investasi.

Discount > Diskonto > (a) Bunga yang dikurangkan dari nilai jatuh tempo suatu wesel; (b) kelebihan atas nilai pari saham atas harga jualnya; (c) kelebihan nilai nominal obligasi atas harga pengeluarannya.

Discountinued operations > Operasi yang dihentikan > Operasi suatu segmen perusahaan yang telah dihentikan.

Direct write-off methode > Metode pengahpusan langsung > Suatu metode akuntansi untuk piutang tak tertagih, dimana beban hanya diakui apabila piutang tertentu diputuskan tidak akan tertagih.

Direct methode > Metode langsung > Suatu metode pelaporan arus kas dari aktivitas operasi sebagai perbedaan antara penerimaan kas operasi dan pembayaran kas operasi.

Direct materials quantity variance > Varians kuantitas bahan langsung > Biaya yang berkaitan dengan perbedaan antara kuantitas standar dan kuantitas sebenarnya dari bahan langsung yang digunakan dalam memproduksi suatu barang.

Direct materials price variance > Varians harga bahan langsung > Biaya yang dikaitkan dengan perbedaan antara harga standar dan harga sesungguhnya bahan langsung yang digunakan untuk memproduksi suatu barang.

Direct materials inventory > Persediaan bahan langsung > Biaya bahan langsung yang langsung masuk dalam proses pabrikasi.

Direct material cost > Biaya bahan langsung > Biaya bahan langsung yang belum memasuki proses pabrikasi.

Direct labor labor time variance > Varains jam pekerja langsung > Biaya yang dikaitkan dengan perbedaan antara jam kerja standard an jam kerja sebenarnya dari para pekerja langsung yang digunakan untuk memproduksi suatu barang.

Direct labor rate variance > Varians tariff pekerja langsung > Biaya yang dikaitkan dengan perbedaan tarif standard an tarif sebenarnya yang dibayar untuk pekerja langsung yang digunakan dalam memproduksi suatu barang.

Direct labor cost > Biaya pekerja langsung > Upah dari pekerja pabrik yang mengubah bahan menjadi barang jadi.

Direct expense > Beban langsung > Suatu beban yang secara langsung dapat ditelusuri atau timbul demi keuntungan suatu departemen tertentu dan biasanya berada di bawah pengendalian manajer departemen.

Direct cost > Biaya langsung > Suatu biaya yang dapat ditelusuri langsung ke suatu unit dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Differential revenue > Pendapatan diferensial > Jumlah kenaikan atau penurunan pendapatan yang diharapkan dari tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif lainnya.

Differential cost > Biaya diferensial > Jumlah kenaikan atau penurunan biaya yang diharapkan dari tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif lainnya.

Differential analysis > Analisis diferensial > Bidang akuntansi yang menganalisis pengaruh tindakan alternatif terhadap pendapatan dan biaya.

Depreciation > Penyusutan > Menurunnya kegunaan semua aktiva tetap selain tanah.

Depletion > Deplesi > Harga perolehan biji logam dan mineral lainnya yang ditambang dari bumi.

Departemental margin > Laba departemen > Laba kotor departemen dikurangi beban langsung departemen.

Deficit > Defisit > Saldo debet dalam perkiraan laba yang ditahan.

Deficiency > Kekuarangan, defisiensi > Saldo debet dalam perkiraan modal pemilik perusahaan perorangan atau seorang sekutu.

Deferral > Penangguhan/transitoris > Suatu penangguhan pengakuan beban yang telah dibayar atau pendapatan yang telah diterima.

Tinggalkan komentar